Web science
Pengertian Web Science :
Web Science adalah ilmu pengetahuan
untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman yang dapat
menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan
dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk
rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science
adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat, Menurut Ben Shneiderman seorang
Ilmuwan Komputer Amerika, Web Science merupakan pengolahan informasi yang
tersedia di web dalam hal yang sama dengan yang diterapkan di lingkungan
alam.
Sejarah Web:
WWW merupakan sebuah program yg ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada th
1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip
risetnya. Utk itu, ia mengembangkan satu buah system untuk kepentingan pribadi.
System itu yaitu program peranti lunak yg diberi nama Enquire.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN :Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober 1990, 'World
Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN :Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober 1990, 'World
Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.
- Meningkatnya rasa percaya diri. kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa perca diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
- Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang sisiplin, tekkun dan pekerja keras.
- Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
- Terjadinya indstrialisasi
- Prosuktifitas dunia industri semakin meningkat.
- Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
- Melemahkan rasa gotong royong dan tolong menolong sebagai mana ini menjadi siri khas masyarakat Indonesia
- Berkurangnya sosialisai karena kurangnya proses tatap muka atau face to face karena pesatnya perkembangan alat komunikasi, hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa
- Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak
- kemajuan TIK juga pasti akan semakin mempengarah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
Dgn program itu, Berners-Lee sukses membuat
jaringan yg menautkan berbagai arsip maka memudahkan pencarian informasi
yangdibutuhkan. Inilah yg nanti jadi dasar dari suatu perkembangan pesatyang
dikenal sebagai WWW.
Wide Web'
sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas th 1991, WWW
secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet.
Sebuah web browser
adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari
Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat
Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan,
cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.
Pre-Web: Memex, Hypertext,
Internet, usenet, ftp, gopher
1.Memex
Memory Extender merupakan sebuah mesin mekanis yang berfungsi sebagai perangkat
penyimpanan dan pengambilan informasi. Jika dideskripsikan seecara fisik, memex
terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan
pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm.
Microfilm merupakan teknologi yang dimanfaatkan oleh memex
untuk media penyimpanan. Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses
dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sebagaimana otak
manusia membentuk memori melalui asosiasi neuron, pengguna dapat menghubungkan
dokumen-dokumen yang tersimpan pada memex.
2.Hypertext
Hypertext, sebuah
koleksi dokumen yang berisi referensi silang yang disebut hyperlink, yang
memungkinkan pengguna untuk berpindah dengan mudah antar dokumen. Hypertext
digunakan secara luas pada Internets, intranet, dan internet, serta di banyak
CD-ROM aplikasi multimedia. Dasar pembuatan dokumen Hypertext adalah
bahasa-bahasa pemrograman markup yang dirancang khusus untuk memberi struktur dokumen
pada jaringan dan Standard Generalized Markup Language (SGML) yang menjadi
bahasa makrub yang paling umum.
Sedangkan dokumen Hypertext pada Internet diciptakan dalam
jenis yang lebih khusus bahasa markup yang disebut Hypertext Markup Language
(HTML). Dalam HTML, tag yang tertanam dalam teks untuk menentukan bagaimana
pandangan pengguna dokumen dalam browser. Tag mengintegrasikan hyperlink ke
hypertext dan memungkinkan link ke dokumen lain, e-mail ke pengguna Internet
lain, grafis, audio, dan video.
Istilah hypertext itu sendiri diciptakan oleh ilmuwan
komputer Amerika Ted Nelson pada tahun 1965 untuk menggambarkan informasi
tekstual yang dapat diakses dengan cara yang nonlinie yang menggunakan prefiks
hiper untuk menggambarkan kecepatan dan fasilitas dengan mana pengguna dapat
melompat ke dan dari daerah terkait teks.
3.Internet
Sejarah intenet
dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced
Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang
bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan
organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Setahun kemudian DARPA
berhasil menghubungkan lebih dari 10 unit computer untuk saling berkomunikasi
dan membentuk sebuah jaringan
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program
e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini
begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon
@juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika
Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang
ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin
banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.
Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet
Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan
komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan
komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet
menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada,
maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal
dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan
yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang
tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan
browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya,
yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide
Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk
jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah
surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000
alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul
di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang
juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
4. Usenet
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott
dan Jim Ellis mencetuskan ide pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun
Usenet pada tahun 1980. Usenet merupakan sistem diskusi Internet yang
terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna
UUCP dari nama yang sama. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam
banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak
digunakan saat ini, bisa dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan
forum web.
Salah satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan
Usenet adalah tidak adanya server pusat dan administrator khusus. Usenet
didistribusikan antara konglomerasi besar yang terus berubah dari
peladen-peladen yang menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya.
Peladen-peladen ini secara longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap.
Polanya mirip dengan peta transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa cara
untuk sampai ke titik manapun di kota. Jika salah satu jalan akan diblokir
karena alasan tertentu, ada jalan lain selalu tersedia untuk sampai ke sana.
Dengan cara ini, Jaringan Pengguna atau Usenet memungkinkan
artikel yang diposkan ke newsgroup sampai ke banyak tujuan dengan cepat.
Seorang pengguna dapat membaca pesan dari peladen dan menuliskan pesan ke
peladen lokal yang dioperasikan oleh penyelenggara jasa internet, universitas
atau perusahaan. Peladen kemudian saling bertukar pesan satu sama lainnya,
hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar peladen asli.
5.FTP (File Transfer Protocol)
Protokol pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer
Protocol) atau FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam
lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas(file) komputer
antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal
dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan
server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan
perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah
Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang
merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat
digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan
ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP)
untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua
komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data
dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan
“mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan
digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk :
(1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server,
(2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah
FTP kepada server dan juga
(3) mengembalikan responsserver ke perintah tersebut. Sekali
koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20
untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual
yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni
menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.
Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses,
men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para
pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga
mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas.
Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,
yakni dengan menggunakan nama penggunaanonymous dan password yang diisi dengan
menggunakan alamat e-mail.
6.Gopher
Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk
mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.Pengertian Gopher
dari sumber lain adalah adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang
untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet.Situs
Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan
informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi
untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. FTP dimanfaatkan
untuk aktifitas pertukaran file dan Telnet yang dikoneksikan dengan server
tertentu.Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat
yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem
yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain
itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat
mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
Web
1.0, Web 2.0, Web 3.0
1) Web
1.0
Web
generasi pertama, merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah
mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang
dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti
situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke
dalam jenis ini.
2) WEB
2.0
Dicetuskan pertama kali oleh
O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0
pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi
kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat
komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi
antar pengguna.
Mengacu pada Tim Oreilly, istilah
Web 2.0 didefinisikan sebagai berikut:
“Web 2.0 adalah sebuah revolusi
bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet
sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di
platform tersebut.”
3) Web
3.0 / Semantic Web
Menurut John Markoff, Web 3.0 adalah
sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu
komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah,
berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan
informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic Web
dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide
Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web
adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Pertumbuhan Sosial dan
Ekonomi
Perubahan sosial merupakan
perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam
suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap
sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses
perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju
keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat
diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian
yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan
ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Dengan berkembangnya teknologi
secara pesat juga berpengaruh pada pertumbuhan kehidupan sosial dan ekonomi.
Adapun dampak yang ditimbulkan dari pesatnya perkembangan teknologi adalah
sebagai berikut :
Efek Positif:
Efek Negatif:
Web Science dan Metedologi Web Science
Web Science.
·
Web Science juga berarti cara-cara
atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik atau dengan
kata lain Web Science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian
dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan
pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan
komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web atau yang
sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun.
Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web Science
Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian
mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.
·
Proses dari web science sendiri
terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim
Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan
masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat
direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan
mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
·
Setelah ide terealisasi, tentunya
teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada
akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim
Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
·
Misalnya pada proses terciptanya
sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih
lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan yang ada dimana
manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk berkomunikasi, maka
muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim melalui internet
(Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada, terciptalah email
yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan
timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web Science
·
Web Science merupakan kajian sains
dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar
adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau
engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan
domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
·
Berbagai penelitian yang berlangsung
saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph
pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model
analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan
determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
S
Source:
http://galangalfarisi22.blogspot.co.id/2015/04/definisi-web-science-sejarah-web.html
http://waisquranda.blogspot.co.id/2016/03/web-science.html
http://noprian-blog.blogspot.co.id/2015/06/web-science.html
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/definisi-web/
S
Source:
http://galangalfarisi22.blogspot.co.id/2015/04/definisi-web-science-sejarah-web.html
http://waisquranda.blogspot.co.id/2016/03/web-science.html
http://noprian-blog.blogspot.co.id/2015/06/web-science.html
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/definisi-web/
0 komentar:
Posting Komentar